Saturday, March 7, 2009

Bussiness versus Comport Zone

Judul diatas tentunya sangat dalam maknanya buat Gw, terutama tentang visi masa depan sebelum usia 30 tahun sudah punya bisnis sendiri secara stabil menghasilkan keuntungan dan tidak lagi bekerja sebagai karyawan, artinya misi menjadi orang yang merdeka 100% akan segera terwujud.

Dunia Akhirat dua-duanya dapet, itulah point penting yang gw dapat dari Elang Gumilang, Mahasaiswa dan pengusaha sukses kelahiran 85. Gila ini anak bener2 Gila, sukses besar diraihnya di masa mudanya, tentunya bukan turun begitu saja dari langit, tetapi dengan proses panjang nan berliku dan berat sejak SD hingga kuliah. Jika kebanyakan orang sukses ketika tua, dia mempercepat kesuksesan itu bahkan jauh lebih cepat bahkan masih dibangku kuliah, Edan!!!.

Nah tadi pagi, gw ketemu Elang di acara rutin bulanan Masjid darussalam yang di motori oleh guru enterpreuner mudah indonesia juga, Bang Valentino Dinsi. Beliau adalah penulis buku "jangan mau seumur hidup jadi orang gajian" ditahun 2006 dan di bulan maret 2009 ini sudah rilis jilid ke dua. Buku pertama banyak motivasi, nah yg kedua ini motivasi hanya 30% dan 70% bersifat teknisi dan kiat praktis berbisnis bagi pemula.

InsyaAllah, bulan depan gw akan rutin mengikuti majelis ini, karena isinya anak2 mudah semua, pemuda-pemudi islam yang ingin menjadi pengusaha sukses di masa depan. Sebenarnya gw sudah pernah sebelumnya ngikutin acara beginian, sejak pertama kali gw dikenalin sama Mas Andrie Maadsa(success university) pengusaha muda dari bandung. Dari komunitas pengusaha2 muda dan mahasiswa yang baru merintis bisnis itulah gw dikenalin lagi sama dunia enterpreuner lebih luas lagi, sampai pernah jadi anggota JPMI (jaringan pengusaha muslim indonesia), Green Leaf, jadi tau tentang enterpreuner universitynya (tempatnya anak2 muda gila belajar bisnis) Purdi Chandra.

Future plan gw satu visi dengan komunitas ini, yakni memajukan bisnis dan menjadi salah satu pengusaha masa depan yang tetep melek dunia dan akhirat, plus membantu banyak orang untuk bisa mendapatkan kerja, yakni membuka lapangan pekerjaan yang sebesarnya, dan Visi Elang adalah 100 ribu lapangan kerja.

Yang gw dapet lagi dari Elang Gumilang tadi pagi adalah if you one to be enterpreuner adalah 3 hal, Pertama Iman(niat), Kedua Ilmu, Ketiga Ikhtiar. Mantap ga tuh he2..

Terus adalagi accessories lainnya yang basic harus di miliki adalah:
- Hijrah
artinya kita harus berpindah dari zona nyaman. yang biasanya naik ojek, jalan kaki coi. Disaat anak2 muda masa kini, tongkrongannya di mall2, kita anak muda sebagai orang sukses masa depan adalah bergelut di bawah terik matahari bahkan dinginnya malam.
- Dipercaya
Rasulullah juga kan dari kecil sudah mendapatkan gelar Al-Amin, modal kita sbagai anak muda sukses masa depan adalah trust kepercayaan.
- Jangan Sombong
- Rendah Hati
- Sederhana
- Hemat, bukan berarti pelit.
- Yang gw tangkep dari Elang dan dia bilang sendiri adalah kesederhanaan.
- Gali motivasi dari orang besar dan hebat di masa lalu dan kini. salah satunya adalah Junjungan kita Nabi Besar Muhammad Saw yang juga pengusaha.


Cuman yg orang ga bisa tangkep dari Elang tadi adalah kalau menurut gw adalah Speed, dia mempunyai speed, bahkan akselerasi. Memang tadi dia telat 30 menit karena macet di cibubur menujur kelapa dua depok dan dengan fairnya dia minta maaf. pukul 09.30 mobil Toyota yaris silver meluncur, anak muda yang kurus, rambut typical anak muda belah tengah bro ha2.. wuih klo ga salah ada asisstennya di sampingnya setelah keluar dari mobil.

Then, yang dia bilang lakukanlah hal2 kecil seperti senyum saja, ga usah banyak yg lo lakukan di awal adalah senyum, dia pertama kali datang saja senyumnya ga henti2 ditebar. Klo kata Bang Valention Dinsi sehari saja kita senyum alias 1 derajat, dalam setahun kita sudah berubah 365 derajat, biarkan orang disekeliling kita melihat perubahan dalam diri kita dan bahkan diri kita sendiri jadi aneh sendiri. intinya lakukan hal kecil meskipun itu kecil bro tetapi rutin akan memberikan hasil yang nyata.

Back to sosok Elang Gumilang, klo gw menilai dia ini adalah sosok anak muda yang enerjik dan penuh ambisi dalam hidupnya. Pakaiannya sederhana, Jeansnya biru dongker, ga kaya jeans2 anak skarang, tapi dia santai n biasa aja. Sangat bersahaja, cuman klo ngomong gila cepet banget, secepat dia menangkap peluang bisnis.

One things, or the best point yang bener filnya dapet adalah ketika ada yg nanya apa caranya kok bisa motivasi dan energinya slalu penuh. Elang jawab adalah kasih waktu seminggu sekali aja kita sendirian, memikirkan ulang or meluruskan niat ulang and talking ma Allah swt. ini jalan skarang udah bener ga nih. Niat utamanya adalah membantu banyak orang mendapatkan perkerjaan misalnya, dan yang paling utama adalah menuju ke Akhirat kelak, sehingga the ultimate motivasinya itu yakni untuk Akhirat bro.

Jadi keinginan menonton java jazz gw kesampingkan dulu, karena bertentangan dengan rumus2 diatas, comfort zone. Dikala keinginan gw bersenang2 muncul disaat itulah keinginan itu akan berperang dengan bayangan2 orang2 susah di pinggir2 jalan di dan dimanapun yang suatu saatu butuh uluran tangan gw, Alhamdulillahirobbilalamin hingga saat ini gw masih dikasih Allah sehat wal afiat dan rezeki yang cukup, masih lebih beruntung dari saudara2 sebangsa dan setanah air yang hidup ga menentu butuh uluran tangan gw dimasa akan datang. Suatu waktu bersenang2 tetapi di waktu yang bersamaan ada orang yang kesusahan, pasti menang yg mikirin orang2 susah bro, dan untuk mewujudkan itu gw harus menjadi pengusaha sukses, harini bahkan 2 atau 3 tahun yang lalu gw belum punya apa2, tetapi hari ini sudah, besok2 pasti bisa usaha sendiri lancar, mempekerjakan minimal 1 atau 2 orang dulu, baru nambah dan nambah lagi.
Hingga saat ini lebih sibuk mikirin ujian ccna, bulan depan insyaAllah serah terima kunci rumah, dan langsung jadi pengecer beras di komplek baru gw, lewat temen gw alias tetangga baru gw disana, rencananya sih bagi hasil. Kerja tetep night shift siangnya banting tulang lagi dan belajar berkomunikasi lebih baik lagi. Memanage keuangan lebih advance lagi. Untuk menikah sepertinya 2 tahun lagi ga tahun ini spertinya. tetapi kalau pun jodoh ya kenapa engga. Kuliah di Ekonomi UI tahun ini pun sepertinya ditunda tahun depan.

So, kesimpulan New Post n Note gw hari ini adalah if i want to be an enterpreuner i have to leave comport zone, hijrah bro. ha2.. Kalau orang tua gw tajir sih gpp, gw bisa pinjem modal buat jalanin usaha, ini enggak semuanya harus gw jalanin sendiri, meskipun sekarang masih numpang disodara, setidaknya dalam waktu dekat gw berencana untuk kost sendiri dekat kantor, pengen menempa diri ah.. Rumah gw di cibubur cilengsi akan gw kontrakin n buat usaha pengecer beras dan sembako lainya. Bagi Hasil 70-30 adalah sepertinya yang akan gw putuskan ke temen skaligus tetangga gw di komplek baru gw.

Wuih ga nyangka banyak Tulisan gw diatas.

No comments:

Post a Comment